Awas, Jalan Tol Lebih Mematikan dari Jalan Biasa


Jasa Review Bagus – Ala Bro Amos = Share JAKARTA – Lebaran kurang lebih seminggu lagi, banyak pemudik yang saat ini sudah memulai perjalanannya menuju kampung halaman. Dalam perjalanan mudik berbagai kondisi jalan pasti dilalui baik jalan biasa dan jalan bebas hambatan alias tol.
Perlu diingat, Kecelakaan maut sering terjadi di jalan bebas hambatan. Ruas tol yang biasanya lebih lebar dengan kontur aspal yang halus, kerap membuat pengendara terlena dan asik memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.
HSE dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menegaskan, jalan tol itu lebih berbahaya dibandingkan jalan raya biasa. Pasalnya, mobil yang melaju di jalan tol dipacu dengan kecepatan tinggi di atas 60 km/jam.
“Ketika kita masuk tol, harus selalu tanamkan dalam diri kita bahwa jalan tol itu lebih berbahaya dibandingkan jalan biasa. Dan ketika terjadi kecelakaan, efeknya akan jauh lebih fatal. Jadi kita harus lebih berhati-hati,” ungkap Jusri kepada Okezone beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut Jusri mengatakan, ketika berada di jalan tol pengemudi harus awas pada semua situasi dan kondisi di sekitar kendaraan.
“Depan, belakang, samping kiri dan kanan. Ini untuk menstimulasi otak agar jangan hanya fokus ke depan,” lanjutnya.
Ada beberapa tips yang dijelaskan Jusri Pulubuhu saat berkendaraa di jalan bebas hambatan:
1. Hindari situasi bertahan di zona nyaman saat mengemudi, agar tidak terlena.
2. Selalu melihat kaca spion lima sampai delapan detik sekali. Dan sering-sering membuka kaca jendela agar sirkulasi angin masuk kedalam kabin mobil. Ini bisa mengurang rasa kantuk.
3. Usahakan selalu menjaga kecepatan secara konstan dan tidak sering berubah lajur.
4. Menempatkan posisi kendaraan kita dengan benar sesuai dengan jalur. Bila memang ingin berada dalam kecepatan tinggi, ada di jalur kanan, dan kecepatan sedang atau rendah ada di jalur tengah dan paling kiri.
5. Selalu memastikan kembali apakah kendaraan sudah layak jalan atau tidak.
6. Selalu berpedoman pada speed management.
7. Jangan menggunakan lampu hazard ketika di dalam terowongan atau pada situasi hujan deras. Ini bisa membuat bingung pengendara lain, terlebih saat kita akan pindah lajur.(okezone/3/8/13)

Awas, Jalan Tol Lebih Mematikan dari Jalan Biasa | Jasa Review Bagus | 4.5
error: Content is protected !!