Bagaimana Cara Mengembalikan Blog Yang Terhapus Di Blogger?

restore deleted blog
Terkadang kita mengambil keputusan tanpa melakukan pemikiran kedua akhirnya ini membawa kita ke dalam masalah dan kita menyesal pada apa yang kita lakukan sehingga ingin membatalkan apa yang sudah kita lakukan tadi. Blogger menyediakan sesuatu bagi penggunanya untuk melakukan Import, Export, atau penghapusan secara permanen terhadap blog mereka. Misalkan Anda menghapus blog dan beberapa waktu kemudian Anda menyadari bahwa blog yang telah Anda hapus berisi beberapa informasi penting di dalam posting dan widget. Bagaimana cara membatalkan apa yang telah Anda lakukan atau cara mengembalikan blog Anda lagi? Untungnya Google menyediakan pilihan untuk mengembalikan blog yang terhapus selama 90 hari. Jadi, blog yang dihapus dapat dikembalikan dalam waktu 90 hari dan setelah itu blog akan dihapus selamanya dari akun Blogger Anda.

Posting kali ini saya akan berbagi bagaimana cara mengembalikan atau me-restore blog Anda sebelum batas 3 bulan terlewati.

Bagaimana Cara Menghapus Blog?

  • Login ke akun Blogger Anda
  • Pilih Tab Settings yang ada di bagian paling bawah, kemudian pilih Other.
  • Setelah masuk Anda akan melihat opsi Blog Tools. Tool ini memberikan Anda tiga pilihan yaitu Import blog, Export blog, Delete blog.
  • Pertama pilihlah opsi Export blog sehingga Anda dapat menyimpan salinan cadangan dari blog Anda dan menyimpannya dalam hard disk Anda dalam bentuk file .xml.
  • Setelah Anda memiliki salinannya, silahkan hapus blog Anda dengan memilih opsi Delete blog
cara backup blog
  • Anda juga akan diminta lagi untuk meng-export atau membuat salinan blog Anda. Klik Download blog jika Anda belum melakukannya. Jika sudah yakin klik Delete this blog untuk melakukan penghapusan.
mengembalikan blog terhapus
Cara Mengembalikan Blog yang Dihapus
Sekarang ketika Anda telah menghapus blog Anda kemudian ingin mengembalikannya lagi karena beberapa alasan. Jangan khawatir, blog Anda masih bisa dikembalikan sebelum 90 hari. Ikuti langkah berikut ini untuk melakukannya:
  • Masuk ke Dashboard Blogger Anda
  • Di sisi sebelah kiri Anda akan menemukan tab Deleted blogs seperti pada gambar di bawah ini.
mengembalikan blog terhapus
  • Klik tab tersebut, kembalikan blog Anda yang terhapus dengan mengklik tombol Undelete.
  • Blog Anda akan dikembalikan dalam beberapa detik.
  • Mudah sekali!!
Hal Yang harus Anda Lakukan Saat Menghapus Blog
1.  Backup semua kode widget
Anda harus melakukan ini terutama untuk widget HTML/JavaScript. Karena widget ini berisi kode penting.
2.  Export semua postingan Anda
Jika dalam suatu kasus Anda tidak mengembalikan blog Anda karena telah melewati batas 90 hari maka blog akan dihapus secara permanen. Pada kasus tersebut alangkah baiknya Anda memiliki salinan semua posting di hard disk Anda dengan cara melakukan Export. Dengan memiliki backup itu, dikemudian hari Anda dapat melakukan import blog Anda dengan menggunakan metode di atas.
Semoga tutorial kecil ini dapat membantu Anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan teman-teman Anda. Silahkan tinggalkan komentar dan tanggapan Anda di kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih..
Bagaimana Cara Mengembalikan Blog Yang Terhapus Di Blogger? | Jasa Review Bagus | 4.5
error: Content is protected !!