Tips belanja online aman

Berikut ini adalah cara berbelanja online yang aman. Tidak heran saat ini banyak sekali toko belanja online dengan berbagai koleksi barang yang berkualitas tinggi tapi harganya terjangkau. Bagi mereka yang tidak memiliki cukup waktu untuk membeli barang tersebut dipusat perbelanjaan, hal ini tentu sangat memanjakan anda. Hal penting dalam melakukan belanja online harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk berbelanja secara online.
Jika anda melakukan berbelanja secara online, jangan hanya memperhatikan barang dan harga saja, karena yang tidak kalah penting adalah segi keamanannya. Jangan sampai ketika kita membeli dan melakukan transaksi dan menyetor sejumlah uang yang diminta, tapi barang yang kita beli tak pernah kunjung tiba.
Berikut Tips belanja secara online yang aman.
* Pilih situs toko online yang reputasinya dikenal cukup baik.
Berbelanjalah dilaman web yang memiliki reputasi baik, anda bisa mengetahuinya dengan menanyakan dengan teman atau melihatnya di internet. Baca dan pastikan terdapat kebijakan perlindungan privasi pelanggan. Jika tidak terdapat kebijakan tersebut, data anda beresiko dijual atau dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim itu cacat, anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang anda kembali. Periksa juga siapa yang bayar pengembalian barang itu. Pastikan juga situs toko online tersebut mempunyai nomer telfon yang  selalu aktif bisa dihubungi.
* Lakukan riset terhadap situs web tempat anda berbelanja.
Tips ini harus dilakukan kalau anda berbelanja disitus web yang anda lihat sendiri kurang familiar. Periksa nomer telfon sipenjual dan hubungi. Kalau tidak ada atau tidak menyakinkan, kunjungi mesin pencari gogle atau yahoo. Kemudian masukkan nama situs web anda hendak berbelanja. Carilah ulasan, review dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web itu.
* Cari tanda kalau situs web itu aman.
Tanda itu biasanya berupa gambar gembok dibaris kanan status bar browser yang kita gunakan. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada. Ketika anda diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran – nomer kartu kredit biasanya – lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke http atau https. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi.
* Amankah PC anda. Minimal PC harus punya antivirus.
Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Baiknya, atur saja proses update secara otomatis.
* Gunakan nama dan password baru.
Buatlah alamat e-mail khusus untuk berbelanja online. Jangan gunakan e-mail yang biasa anda gunakan untuk bekerja, berhubungan dengan teman keluarga atau laman jejaring sosial. Hal itu untuk menghindari, kejahatan internet yang menggunakan data pribadi anda.
* Jangan berbagi komputer.
Usahakan untuk tidak berbelanja menggunakan komputer yang digunakan banyak orang. Komputer yang paling baik untuk melakukan berbelanja secara online adalah komputer pribadi anda. Hal itu karena komputer pribadi lebih terjamin perlindungannya dari virus, spyware, dan terdapat proteksi firewall. Jika komputer yang anda gunakan untuk berbelanja secara online, juga digunakan orang lain, resiko terdapat spyware cukup tinggi. Data pribadi anda terutama yang terkait keuangan untuk transaksi pembayaran bisa dicuri.
Ada banyak cara berbelanja secara online aman. Semoga tips-tips diatas tentang cara berbelanja secara online yang aman bisa berguna untuk anda semua. Terima kasih.
23
Tips belanja online aman | Jasa Review Bagus | 4.5
error: Content is protected !!