Ribuan Bangunan di Waduk Pluit Tetap Digusur

bangunan di waduk pluit tetap dibongkar

JAKARTA – Rencana penggusuran ratusan bangunan di bantaran Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, terus mendapatan hadangan dan pertentangan dari sejumlah penghuni. Beberapa warga bahkan mendatangi alat berat yang sedang mengeruk waduk dan seorang di antaranya bertelanjang dada menolak rencana penggusuran.
Selain mendatangi alat berat, sejumlah warga juga merusak pagar pembatas seng. Pembongkaran rumah warga ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir besar, seperti yang terjadi awal Januari silam. Namun pembersihan total Waduk Pluit dari hunian warga ini, hingga kini masih terhalang oleh penolakan ratusan warga yang memiliki rumah di sisi kiri waduk.
“Kami tetap menolak penggusuran. Kami akan bertahan bersama warga lainnya,” kata Yanto (39), salah seorang warga, kemarin.
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengaku akan tetap mengerjakan pengerukan Waduk Pluit, meski ada penolakan dari warga. Menurut dia, normalisasi Waduk Pluit harus dikerjakan dengan cepat agar penanganan banjir di ibukota tidak terhambat.
Kendala yang dihadapi Pemprov DKI dalam menggusur warga sekitar waduk adalah banyaknya kelompok-kelompok yang muncul di tengah masyarakat. Jokowi menyebut,di sekitar Waduk Pluit ada sekitar 7 ribu kepala keluarga yang harus segera digusur dan dipindahkan ke tempat lain.
“Yang jelas pengerukan Waduk Pluit terus dilakukan. Berjalan terus karena memang kami kejar-kejaran dengan waktu. Pengerukan waduknya tetap dilakukan sambil mencarikan solusi untuk mereka,” ujar Jokowi.
Dia memastikan tidak ada penggantian lahan bagi warga yang kena gusur. Sebab, kata dia, tanah yang dihuni warga adalah milik Pemprov DKI.
“Itu tanah waduk. Tanah waduk itu dulunya genangan air, karena ada sedimen menjadi ada tanahnya, kemudian diduduki. Itu harusnya air, bukan buat untuk rumah. Jadi itu tanah negara,” ucapnya.
Untuk diketahui, Waduk Pluit memiliki luas 88 hektar dengan kedalaman 10 meter. Karena sebagian lahan digunakan untuk pemukiman oleh warga, sekarang lahan yang tersisa hanya sekitar 60 hektar.
Pluit adalah kelurahan yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Kelurahan ini terdiri dari 18 RW dan 218 RT.
Ribuan Bangunan di Waduk Pluit Tetap Digusur | Jasa Review Bagus | 4.5
error: Content is protected !!